Monday, May 2, 2016

Resep: Terong Raos

Dulu waktu kecil saya tidak terlalu suka makan terong dikarenakan teksturnya yang lembek setelah digoreng/direbus/dipanggang begitu juga sedikit rasa pahitnya (yah mungkin juga karena anak-anak memang tidak suka sayuran pahit). Tapi semakin saya besar saya makin suka dengan terong. Terong sendiri banyak macamnya seperti terong masak dan terong lalap. Kalau terong masak bentuknya lonjong dan berwarna hijau dan ungu, sedangkan terong lalap berbentuk bulat dengan warna yang sama dengan terong masak yaitu hijau dan ungu juga.

Biasanya terong disajikan dengan memasaknya menjadi terong balado. Atau yang paling gampang dan mudah adalah dengan membuatnya menjadi terong tempura atau terong crispy, makanan saya zaman nge-kost :)

Kalau di luar negeri, olahan terong yang terkenal mungkin adalah Ratatouille atau tumisan terong ala Perancis. Kadang, Ratatouille ini juga dipanggang loh. Kalau pernah nonton kartun tikus yang judulnya sama, Ratatouille pasti tau deh apa itu Ratatouille.

Nah, semakin saya bisa masak, semakin bosanlah saya dengan olahan terong yang hanya di balado saja. Saya pun mencari alternatif lain masakan yang menggunakan terong dan ketemulah saya dengan resep terong raos ini. Terong raos sendiri adalah makanan khas Sunda dimana raos sendiri berarti enak. Di resep ini saya tidak menggunakan tepung bumbu instan untuk menggoreng terongnya karena saya sudah terbiasa membuat tepung bumbu racikan sendiri ala saya. Lebih sehat dan bahannya pun ada dirumah. Tapi kalau lagi malas pun saya pakai tepung bumbu instan kok :D

Oh iya, setelah terong diiris, jangan lupa direndam dengan air ya supaya terong tidak berwarna hitam. Untuk bumbu sendiri saya tidak pakai gula dan garam lagi karena asinnya sudah ada di saus tiram dan manisnya dari kecap.

Resep Terong Raos


Resep Terong Raos


Bahan - bahan : 

2 buah Terong, ukuran sedang, iris setebal 1 cm
5 buah Bawang merah, iris tipis
3 buah Bawang putih iris tipis
5 buah Cabai rawit merah, iris
1 batang Daun bawang, potong-potong
2 sdm Kecap manis
1 sdm Kecap ikan
1/2 sdm Saus Tiram
3 gelas Minyak goreng



Bahan Tepung Bumbu:

1/2 gelas Tepung terigu
4 sdm Tepung maizena
1 sdm Bawang putih bubuk
1/2 sdm Ketumbar bubuk
1 sdt Garam
1 sdt Gula
1/2 sdt Lada putih bubuk
3/4 gelas Air



Cara Membuat Terong Raos: 


1. Campurkan semua bahan untuk tepung bumbu di mangkuk, aduk rata.









2. Panaskan minyak goreng di penggorengan dengan api sedang. Celupkan irisan terong ke campuran tepung dan goreng hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.







3. Di penggorengan yang sama, sisihkan minyak untuk menggoreng terong dan sisakan sekitar 2 sdm minyak. Tambahkan bawang merah, bawang putih dan cabai. Tumis hingga harum. Tambahkan kecap manis, saus tiram dan kecap ikan. Aduk hingga rata.








4. Masukan terongnya. Aduk rata lalu masukan kecap manis, kecap ikan, saus tiram dan gula. Aduk rata dan 1 menit sebelum terong matang, taburkan daun bawang.





5. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan nasi.





Terong Raos




XMX

1 comment:

  1. Dapoer Pandan Wangi tempat terkenal di Kota Bandung, pengen nyoba menu Terong Raos
    pasti rasanya enak banget

    ReplyDelete