Wednesday, August 10, 2016

Resep: Cauliflower and Broccoli Tots

Instagram bagi saya adalah 'mbah-mbah' baru selain 'mbah google' untuk mencari inspirasi memasak. Banyak sekali akun Instagram inspiratif khusus memasak yang saya follow. Mulai dari yang gampang sampai yang menyehatkan. Nah waktu itu saya melihat resep masakan di akun khusus yang menyajikan makanan sehat, nama akun IG-nya sendiri adalah [@]healthyfitnessmeals. Namanya cauliflower tots and broccoli tots. Lucu ya namanya, 'tots' (ngaku deh pasti ada aja yang ngeres pikirannya haha). Kakak sampi ibu saya saja langsung komen;

"Iih kok namanya tots sih? Jorok Miky!


"Apa? BB Torch?"

"Apa? Touch? Sentuh? Apa touchscreen?"

Argghhh pokoknya komennya beragam deh!

Well 'tot' sendiri berdasarkan kamus bahasa inggrisnya artinya 'anak kecil'. Filosofi untuk pemberian tots sendiri untuk makanan ini mungkin adalah bentuknya yang kecil-kecil seperti nugget atau finger fish. Atau juga, sebenarnya makanan ini dibuat untuk anak kecil yang memang tidak suka dengan sayuran terutama si hijau brokoli dan kembang kol. Entahlah, itu hanya asumsi saya saja kok. Don't take it to heart or your brain baby~~~


Awalnya agak ragu sama hasilnya karena ini bukan masakan Indonesia, lebih tepatnya masakan barat. Memang banyak menggunakan rempah daun herba. Tapi rempah tersebut bukan rempah-rempah Indonesia. Daun oregano, basil, thyme dan rosemary. Tapi overall ternyata hasil jadinya enak dan bisalah untuk variasi sayuran yang bingung mau dimasak apalagi selain dibuat menjadi tumisan. 

Resep aslinya sendiri menggunakan Italian breadcrumbs atau tepung roti Italia. Kalau tidak punya tepung roti ala Italia, kalian pun bisa buat  sendiri dengan mencampurnya dengan rempah-rempah. Karena disini susah sekali mencari taragon, rempah herba ala Italia, akhirnya saya pun tidak memakainya. Cukup dengan rempah herba seadanya. Cara memasaknya pun sebenarnya dipanggang (mungkin agar lebih sehat dan tidak menggunakan minyak yang banyak), tapi karena saya bukan fans pengguna oven, dan saya adalah orang Indonesia tulen dan tidak mau repot, akhirnya saya lebih memilih menggorengnya (lupa sejenak akan kampanye hidup sehat). Yasudahlah yang penting enak :)

Italian breadcrumbs ala saya
Oh iya untuk resepnya sendiri, masing-masing ada sedikit perbedaan. Contohnya penggunaan bawang bombay, lada hitam dan daun parsley. Kalian bisa kok pilih salah satu resep karena kedua resep ini hampir sama. Saya membuatnya sesuai dengan resep dan keduanya tetap enak menggunakan atau tidak menggunakan bawang bombay, lada hitam maupun parsley. Feel free to modify the recipe. 


Cauliflower Tots
Serving : 7 buah cauliflower tots


Bahan:
200 gr Kembang kol
1/4 gelas Tepung roti
1/2 sdt Daun oregano
1/2 sdt Daun basil
1/2 sdt Daun thyme
1/2 sdt Daun rosemary
1 sdt Bawang putih bubuk
1/2 sdt Garam
1/4 gelas Keju cheddar, diparut
1 butir Telur


Cara membuat cauliflower tots:
1. Rebus air hingga mendidih, potong-potong kembang kol lalu bersihkan dan rebus kembang kol selama 2 menit. Angkat dan tiriskan. Cincang kembang kol hingga halus. Bisa juga dengan memblendernya.






2. Sementara itu, campurkan tepung roti bersama semua rempah herba. Tuang tepung roti ke cincangan kembang kol, tambahkan semua sisa bahan. Aduk rata.








3. Bentuk adonan menjadi lonjong kecil.









4. Panaskan minyak di wajan lalu goreng hingga cokelat keemasan. Jika ingin lebih sehat, panggang di oven hingga cokelat keemasan.







5. Angkat, tiriskan minyaknya dan sajikan dengan saus favorit anda.









Broccoli Tots
Serving: 7 buah broccoli tots


Bahan:
200 gr Brokoli
1/2 buah Bawang Bombay
1/4 gelas Tepung roti
1/2 sdt Daun oregano
1/2 sdt Daun basil
1/2 sdt Daun thyme
1/2 sdt Daun rosemary
1 sdt Daun parsley kering
1 sdt Bawang putih bubuk
1/2 sdt Garam
1/4 gelas Keju cheddar, diparut
1 butir Telur
1/2 sdt Lada hitam


Cara membuat broccoli tots:
1. Rebus air hingga mendidih, potong-potong kembang kol lalu bersihkan dan rebus brokoli selama 2 menit. Angkat lalu celupkan brokoli ke air dingin dan tiriskan. Cincang brokoli hingga halus. Bisa juga dengan memblendernya.

2. Sementara itu, campurkan tepung roti bersama semua rempah herba. Tuang tepung roti ke cincangan brokoli, tambahkan semua sisa bahan. Aduk rata.






3. Bentuk adonan menjadi lonjong kecil.

4. Panaskan minyak di wajan lalu goreng hingga cokelat keemasan. Jika ingin lebih sehat, panggang di oven hingga cokelat keemasan.

5. Angkat, tiriskan minyaknya dan sajikan dengan saus favorit anda.




XMX

0 comments:

Post a Comment