Monday, August 28, 2017

Cooking for Beginner | Mussel with Garlic Butter Recipe

Salah satu cara untuk menikmati hidangan dengan citarasa gurih dan nikmat adalah dengan menggunakan banyak bumbu rempah yang tepat. Tapi ada juga bahan makanan utama yang justru citarasa asli bahannya lebih terasa dan nikmat jika menggunakan sedikit bumbu saja. Salah satunya adalah kerang hijau (mussel). 

Kerang hijau di Indonesia umumnya dimasak dengan bumbu kuah kuning, saus padang hingga asam manis yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Tapi, tahukah Anda bahwa kerang dan makanan lautnya sudah memiliki cita rasa yang khas sehingga tidak perlu menggunakan banyak bumbu lagi. 

Minggu kemarin, tukang kerang langgangan almarhum kakak perempuan saya lewat didepan rumah. Bapak penjual kerang ini pun cukup murah karena menjual kerang hijaunya dengan harga 10 ribu rupiah untuk 4 bungkus kerang yang ditaruh dalam kantong plastik kecil putih. Well karena kebetulan semua keluarga lagi kumpul, akhirnya saya, nyokap dan kakak memborong seluruh bungkus kerang dari si bapak penjual dan rencananya saya dan sekeluarga mau makan malam bersama di halaman bawah pohon. 

Membersihkan kerang sendiri gampang-gampang susah. Tips membersihkan kerang hijau dari mamake saya yang pertama, cuci dan tarik rambut-rambut halus kecil yang keluar dari cangkang kerang. Setelah bersih, buang airnya dan rendam kembali kerang dengan air bersih lalu diamkan hingga 2-3 jam agar lumpur pada kerang keluar. Setelah itu, buang airnya dan cuci kembali kerang hingga bersih. 

Kerang yang dibeli saat itu sebenarnya mau dimasak dengan kuah kuning saja. Karena iseng, saya pun berhasil menyomot sekitar 250g kerang untuk saya masak tapi bukan dengan kuah kuning. Kerang yang saya masak ini sebenarnya merupakan hidangan western dan amat sangat mudah! Namanya Mussels with Garlic Butter atau Kerang Masak Mentega & Bawang Putih. 




Karena bumbu dan bahannya yang sedikit maka citarasa kerangnya pun semakin terasa. Kalau saya bisa jelaskan rasanya itu kayak "taste like the sea". Ini agak lebay sih, tapi saya serasa makan dipinggir laut dan merasakan asinnya laut. Get it? I hope you guys so. 





Mussels with Garlic Butter Recipe

Bahan:

  • 250g kerang hijau, bersihkan
  • 1 sdm mentega asin (salted butter)*
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang kecil daun bawang, potong-potong




Cara Membuat:

  1. Panaskan teflon lalu masukkan kerang hijau. Masak hingga air yang keluar pada kerang menyusut. Angkat dan bersihkan teflon.
  2. Panaskan kembali teflon dengan api kecil** lalu masukkan mentega. Setelah meleleh, masukan bawah putih dan masak hingga harum. Masukan kerang dan aduk hingga rata dan bawang putih sedikit berwarna kuning keemasan.
  3. Angkat dan taburkan daun bawang. Sajikan. 





*kalau gak pakai yang salted atau asin, tambahkan garam secukupnya.
**harus api kecil karena nanti menteganya gosong, jadi warna agark kecokelatan.

xMx

0 comments:

Post a Comment